Translate

    Rabu, 02 Mei 2012

    Cara Sederhana Merawat Hamster



    Pasti kalian semua tau yang namanya ‘Hamster’ kan? Atau mungkin kalian memelihara hewan mungil ini? Hamster merupakan hewan pengerat yang lucu dan imut. Biasanya hamster menjadi hewan peliharaan yang sangat digemari oleh anak anak selain kucing dan kelinci. Umur maksimal hewan yang satu ini hanyalah 1-2 tahun, bahkan biasanya jika pemiliknya tidak terlalu mengerti mengenai cara memelihara hewan ini umurnya terlampau singkat (hanya hitungan hari). 

                Makanan favorit hewan yang manis ini adalah sayur-sayuran dan juga makanan khusus (sejenis biji bijian, kuaci, biskuit, dll) yang biasanya dapat dibeli di toko hewan peliharaan (pet shop). Sayur sayuran yang termasuk makanan kesukaan hamster adalah berupa sayuran hijau (selada, bayam, sawi, dll), wortel, jagung, tauge (biasanya sebagai pengganti munum bagi hamster), dll. Emm, perhatikan pola makan hamster kalian ya! Jika kalian ingin memberi makanan khusus hamster berilah sedikit saja dalam sehari. Jangan jadikan makanan tersebut menjadi makanan pokok untuk hamster kalian. Berikan pula sayuran yang berfungsi memberikan vitamin untuk hamster kita. Karna, apabila kalian sudah sering atau biasa memberikan hamster makanan yang tidak alami, hamster kalian akan cepat gemuk dan tidak mau lagi (nggak doyan lagi) makan makanan yang alami seperti sayuran. Jadi jangan sampai kalian membiasakan kebiasaan buruk untuk hewan kesayangan anda ini.
                Karena hamster merupakan hewan pengerat, jadi gigi hewan yang satu ini akan selalu tumbuh bahkan dengan cepat. Jika giginya sudah terlampau panjang, biasanya hewan ini akan mati dengan cepatnya. Agar gigi gigi hamster dapat terasah, kalian bisa memberikan sesekali makanan yang keras atau pun memberikan sepotong kayu untuk digigit oleh si hamster tersebut.
                Kebersihan! Kebersihan adalah hal utama bagi semua hewan peliharaan termasuk si hamster ini.  Di setiap kandang hamster, biasanya selalu dialasi dengan serbuk kayu ataupun pasir khusus. Kekurangan dari serbuk kayu ialah karna serbuk yang bentuknya tidak teratur ini bisa mengakibatkan luka bagi hamster apabila ada bagian serbuk yang tajam sehingga dapat menusuk badan hamster. Namun kelebihannya ialan murah harganya. Pilihan kedua ialah pasir, pasir khusus ini biasanya memiliki aroma yang menyegarkan kandang hamster dan aman untuk peliharaan anda ini. Pasir juga dapat membuat bulu hamster kalian menjadi lebih indah. Namun kekurangannya ialah, harganya yang lumayan mahal, tapi tunggu dulu! Ada cara agar pasir hamster dapat dipakai kembali. Caranya dengan mencuci dengan bersih, kemudian dijemur deh.

                Oh iya, ada satu lagi nih! Mainan hamster haha. Biasanya hamster itu suka pipis sembarangan termasuk di mainannya itu. Jadi bila kalian ingin membersihkan kandang hamster, bersihkan pula ya mainan hamsternya agar kebersihan tempat tinggal hamster kalian terjaga.
    Sekian dulu ya artikel tentang hamsternya, jika ada yang ingin ditanyakan silahkan komen di bawah ini!